RSS

PERAS KEPALA SEKOLAH, KETUA LSM KAPAS DIRINGKUS

06 Jun

Budiono LSM yang suka memeras, sementara Kateno menunduk malu

Sekretarisnya Sudah di Tangkap 2 Hari sebelumnya karena Penggelapan

Ketua LSM Kapas (Komite Aksi Peduli Aliansi Sehat) Budiono (40) warga Rt 10 Rw 03 Kelurahan Sumbergedong Trenggalek bersama seorang temannya, Kateno warga Desa Ngares jumat (29/5) pukul 15.30 wib, meringkuk di tahanan setelah di tangkap basah petugas Buser Reskrim Polres Trenggalek. Sementara 2 hari sebelumnya Sekretaris LSM tersebut Kukuh Gunawan alias Puguh (45) ditahan Polisi karena menggelapakan sepeda motor Suzuki A100.

Pasalnya Budiono alias copet ,telah melakukan pemerasan terhadap kepala sekolah SMPN 2 Munjungan Hadi Mahsun (36) warga Rt 08 Rw 03 Dusun Ngrayung Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, dengan dalih telah melakukan pemerkosaan terhadap tetangganya yang bernama Toinem (60).

Kejadian berawal pada sabtu (23/5) Budiono ketua LSM Kapas yang juga sebagai pengurus salah satu Parpol itu, bersama Kukuh Gunawan yang mengaku sebagai pemantau media, mendatangi Hadi Mahsun di Desa Ngadirenggo.
Keduanya mempermasalahkan pemerkosaan yang telah di lakukan korban, mengancam akan melaporkan ke dinas terkait dan akan memberitakan ke media.

Dari hal tersebut akhirnya muncul penawaran akan mengadvokasi permasalahan korban jika pengajuan biaya sebesar 6 juta rupiah dari keduanya disepakati, dua hari kemudian korban memberikan uang 6 juta yang diminta kedua pelaku dan kwitansi penerimaannya ditandatangani oleh Kukuh gunawan, namun selang 3 hari setelah penyerahan uang itu, Budiono kembali menemui korban lewat seorang kurir bernama Kateno, meminta 5 juta lagi dengan alasan untuk pengondisian media cetak dan elektronik.

Menyadari dirinya diperas akhirnya korban lapor Polisi, dari situ korban mendapat petunjuk untuk menyepakati permintaan pelaku yang kedua kalinya, hari jumat (29/5) Budiono bersama Kateno datang kerumah korban untuk mengambil uang yang dimaksud, pada saat pelaku menerima uang dari korban, tiba-tiba muncul petugas dari Reskrim dan langsung menangkap kedua pelaku.

Kabag Binamitra Polres Trenggalek Kompol Sudjarno membenarkan penangkapan pelaku pemerasan terhadap kepala sekolah, saat ini para pelaku masih menjalani penyidikan secara intensif, tentunya mencari siapa-siapa yang terlibat dalam kasus pemerasan ini, jelas Kabag.

Gadaikan Suzuki A 100, Kukuh Gunawan Sekretaris Budiono Di Sel

Pikiran Kukuh Gunawan alias Puguh (45) warga Jalan Ki Mangun Sarkoro No 58 Kelurahan Sumbergedong sudah gelap, lantaran terlilit ekonomi rumah tangga, dia nekat menggadaikan sepeda motor milik temannya, Hadi Rangga (34) alias Silet warga Rt 15 Rw 05 Kelurahan Ngantru Trenggalek.

Sepeda motor Zuzuki A 100 nopol AG 8188 WG milik Hadi itu digadaikan oleh Puguh sebesar Rp 750.000 kepada temannya, Jono di kawasan Keningaran Kelurahan
Surodakan pada bulan desember 2008 yang lalu, uang tersebut oleh pria yang berwajah tampan dan suka kawin cerai ini di pergunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Kejadian itu bermula pada 5 Desember 2008, korban mendatangi rumah pelaku dengan maksud meminjam uang sebesar Rp 500. 000, sepeda motor Zuzuki A 100 serta STNK sebagai jaminanya, selasa 30 Desember 2008 korban membayar hutang dan ingin mengambil motornya, setelah terbayar lunas, pelaku hanya janji-janji untuk mengembalikan motor korban, akhirnya senin (25/5/209) korban lapor polisi atas tuduhan penggelapan.

Akhirnya hari rabu (27/5/209) pelaku di tangkap polisi saat berada dijalan dan di gelandang ke Polres Trenggalek sebagai penghuni tahanan baru, Kabag Binamitra Kompol Sunjarno membenarkan penangkapannya, akibat perbuatannya itu Puguh harus meringkuk di tahanan dengan jeratan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara, jelasnya.

Catatan CahNdeso:

LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) bagi birokrat, legeslator maupun bagi pak polisi, bukan institusi baru, sebab lembaga ini menjamur semenjak reformasi digulirkan. Bagi mereka (para penyelenggara negara) yang korup, LSM dianggap”momok”, tapi bagi yang “istiqomah” dan menyadari Jabatan Hanya Amanah Ilahi, LSM adalah mitra untuk meraih Ridlo-Nya. Namun…hati-hati: ada oknum LSM yang justru amnesia pada etika moral dan integritas! Sehingga fungsi LSM berubah menjadi “sumber hidup, sekaligus kendaraan dan topeng” untuk berbuat kejahatan politik dan kriminal. Walhasil, justru mereka ini menjadi mitra pejabat yang korup. Bahayaaaaa……….! Tapi gak semua oknum LSM. loh yang begitu! Permisiiiiiiii……………..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Juni 2009 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: